Blog Belajar SEO Blogging Internet dan Komputer

Pakai Server USA Jika Ikut Kontes SEO

Server downtimeSebenarnya tidak ada keharusan pakai server USA jika ikut kontes SEO, penyelenggara kontes SEO pun belum pernah mengeluarkan aturan tersebut. Akan tetapi pengalaman saya maupun saran dari beberapa rekan, juga CS web hosting menyarankan hal yang sama. Pakai server luar (USA) jika blog ikut kontes SEO.

Hampir alasan senada yang saya terima, yaitu: karena pakai server luar, terutama USA lebih stabil dari server lokal (Indonesia-IIX). Bukannya meragukan kemampuan Indonesia dalam menangani urusan server hosting, blog saya pun pakai server IIX (lokal). Kenyataan, server lokal sering downtime ketimbang server USA yang juga saya pakai di blog lain.

Meski tidak ada jaminan 24 jam server 100% uptime, setidaknya, 99,9% beberapa server luar berani membuat garansi. Lantas apa hubungannya dengan Kontes SEO?

Kontes seo mengandalkan SERP Google atau Yahoo dimana posisi SERP diharapkan tidak berubah drastis (kecuali kena penalty). Sedangkan bot mesin pencari bisa datang kapan saja. Apa yang terjadi ketika blog kita sedang down ketika bot datang? Apalagi secara tidak langsung kita “mengundang” mereka dengan menanam backlink di website dofollow. Tentu “kekecewaan” yang mereka rasakan.

Jika beberapa detik atau menit blog nggak bisa diakses bot mesin pencari, mungkin masih bisa ditolerir. Namun bila sampai berjam-jam bahkan berhari-hari, tentunya bot kecewa berat dan malas untuk datang lagi, celakanya bisa-bisa SERP yang sudah masuk dicoret atau turun peringkat.

Pakai Server Luar (USA) Jika Ikut Kontes SEO


Beberapa kali saya ikut kontes seo dengan blog lenterakecil.com yang ber-server lokal, beberapa kali juga dibuat kecewa. Mendekati penilaian, server down dan posisi SERP tiba-tiba berubah drastis. Meski kadang bisa finish di 10 besar, namun lebih banyak terjadi kegagalan. Walaupun saya bisa mengangkat kembali, namun jika server down lagi, dipastikan posisi SERP akan turun lagi. Hal ini benar-benar saya alami sendiri.

Kita tidak mungkin memonitor 24 jam terhadap server blog uptime atau downtime, bisa saja terjadi down hanya beberapa detik, menit, jam. Celakanya justru di saat itu, bot datang. Bukan hanya artikel kontes seo, artikel lain bisa mengalami perubahan SERP.

Coba kita amati, yang biasa sering menang dalam kontes seo. Kalau tidak blogspot, biasanya wordpress self hosting yang pakai server luar. Silahkan cek!

Analisa (menurut) saya pakai server USA jika ikut kontes SEO:
  • Server yang sering downtime akan mengakibatkan SERP tidak mempunyai kepastian posisi. Jika artikel sudah berada di posisi bagus, dan waktu menjelang penilaian tidak ada gangguan server, kemungkinan bisa menang. Dan sebaliknya.
  • Server lokal lebih sering mengalami gangguan daripada server USA, jadi jika ikut kontes seo sebaiknya pakai server luar dan pilih lokasi USA dari pada Jerman atau Singapura yang banyak ditawarkan oleh web hosting Indonesia. Dan beberapa CS webhosting juga menyarankan demikian.
  • Juri penilai, biasanya memakai google atau yahoo yang tentunya lokasi servernya berada di USA, dengan memilih server luar USA, jarak tempuh antar server lebih dekat. 
  • Coba kita amati, yang biasa sering menang dalam kontes seo. Kalau tidak blogspot, biasanya wordpress self hosting yang pakai server luar (USA). Silahkan cek!
Memang, dengan memakai server lokal, blog kita akan lebih cepat di akses dari Indonesia ketimbang memakai server luar. Akan tetapi untuk hasil SERP, tunggu dulu. Kecuali server mesin pencari berada di Indonesia, mungkin berkata lain. Hampir semua mesin pencari menggunakan server USA. Secara logika jarak tempuh lebih cepat jika pakai server USA meskipun hanya selisih beberapa detik atau menit.

Silahkan ikut kontes seo jika blog memakai server lokal, asalkan optimasi maksimal dan benar serta tidak ada gangguan server selama waktu penyelenggaraan, bisa kok menang. Namun lebih bagus lagi, Pakai Server Luar Jika Ikut Kontes SEO

Ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya ditambah hasil diskusi dengan beberapa rekan, mungkin berbeda dengan yang lain, silahkan.