Blog Belajar SEO Blogging Internet dan Komputer

Tes Kekuatan SEO Blog di SERP

Kekuatan SEO Blog
Pernahkah rekan mencoba tes kekuatan SEO blog di SERP? Jika pernah, bagaimana hasilnya? Apakah seakurat itu kekuatan SEO blog sobat?

Mungkin dengan menulis judul artikel, apalagi ditambah tanda petik pada kolom mesin penelusuran dan menggunakan kede tertentu, hasil yang didapat bisa memuaskan. Dalam arti bisa tampil di page one SERP mesin pencari. Benarkah demikian?

Memang jika menggunakan kata kunci yang sangat spesifik, hal tersebut di atas bisa saja terjadi. Namun perlu diingat, pengguna mesin pencari bisa menggunakan kata kunci lain untuk memenuhi keinginannya. Di sinilah keyword atau kata kunci memegang peranan untuk menemukan blog kita di mesin pencari. Lantas, bagaimana untuk mengetahui atau melakukan tes kekuatan SEO blog di SERP?

Agar hasil kekuatan SEO blog kita di SERP diketahui, berikut sedikit trik yang telah saya coba sendiri. Mungkin ada persamaan cara dengan rekan lain atau bisa saja berbeda.

Tes Kekuatan SEO Blog di SERP

Ikuti sebuah kontes seo. Mengapa? Alasan utama adalah penggunaan kata kunci. Kata kunci atau keyword untuk kontes seo telah ditentukan. Pengguna mesin pencari akan menuliskan kata yang sama, terutama oleh kontestan yang telah mendaftar, pastilah mereka sering melihat hasil SERP.  Ini cocok untuk uji  tes kekuatan SEO blog di SERP.

Jika menggunakan kata kunci kita sendiri (judul artikel atau dengan keyword lain) bisa menimbulkan perbedaan keyword dengan pengguna mesin pencari lainnya. Jadi sebaiknya menggunakan kata kunci yang pasti sama seperti di kontes seo.

Buat artikel menurut gaya penulisan kamu, copas atau orisinal terserah (sesuai kebiasaan he..he..) Beri judul dengan kata kunci sebuah kontes seo. Pilih yang hadiahnya kecil dulu, biasanya pesertanya sedikit. Atau bisa memilih kontes seo yang telah berlalu, karena peserta sudah tidak ada yang optimasi lagi, jika ingin tantangan lebih berani, cobalah di kontes seo yang sedang berjalan (siapa tahu menang..).

Pokoknya buat artikel yang sekiranya bagus dan jangan ada link ke penyelenggara kontes (ingat ini hanya tes kekuatan SEO blog di SERP) kemudian publikasikan/terbitkan. Lihat hasil di SERP, sebagai contoh menggunakan Google.co.id. Gunakan fasilitas pencarian 1 jam, kecepatan pengindeksan tergantung blog kamu, ada yang cukup beberapa detik, menit bahkan hari. Bila pengindeksan blog biasanya lama, tunggu beberapa saat.

Jika telah ter-indeks di pencarian 1 jam, coba lihat di sembarang waktu. Bila berada langsung di page one, jelas Kekuatan SEO Blog di SERP bagus. Jika tidak, silahkan cari terus, ada di halaman berapa.

Kalau sudah ketemu artikel kamu di halaman berapa SERP google.co.id, berdasar pengalaman saya:

  • jika diantara halaman 2-4 kekuatan seo onpage blog cukup. Kamu hanya perlu menambah seo offpage yaitu mencari backlink berkualitas agar bisa tampil si page one. 
  • Jika berada di halaman 5 – 10 berarti kurang, perlu ekstra backlink banyak dan perlu menaikkan PR blog. 
  • Nah, jika lebih dari halaman 11, periksa lagi seo onpage blog kamu, seperti tema/template, artikel unik dengan variasi tag atau perkuat PR blog.


Cobalah mencari backlink dengan submit ke social bookmark, forum, blog dummy, dll untuk yang berada di halaman 2-10. Lihat hasilnya lagi beberapa hari kemudian. Jika bergerak turun ke awal, berarti blog kamu siap bersaing di SERP dengan kata kunci apapun.

Bagaimanapun seo onpage akan bekerja pertama kali di SERP mesin pencari, kemudian agar bertahan atau bergerak naik ke halaman lebih awal seo offpage (dukungan backlink) bekerja. Tapi ingat jika over optimasi, bisa-bisa malah hilang dari SERP. Saya telah mencoba di beberapa blog saya, terutama jika ganti tema/template. 

Sedikit tambahan, jika uji tes kekuatan SEO blog di SERP pada kontes seo yang sedang berjalan, dan posisi blog kamu bagus, teruskan dengan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan. Sekali dayung dua pulau terlampaui.